QA & QC – Bedanya apa?

Belakangan ini banyak sekali lowongan pekerjaan untuk Quality Assurance (QA) di setiap perusahaan, terutama yang startups. Sebenarnya siapa sih QA ini? Apakah sama dengan lowongan Quality Control (QC)?

Seperti halnya di pabrik yang memproduksi barang, semua barang-barang tersebut sudah melewat Quality Control / pengecekan terlebih dahulu sebelum barang-barang tersebut di jual ke konsumen. Guna dari Quality Control ini untuk menjaga supaya barang yang di jual adalah barang yang berkualitas menurut standar dari perusahaan tersebut.

Jadi apa samanya Quality Control dengan Quality Assurance? Quality Control dan Quality Assurance adalah bagian dari Quality Management.

Bedanya antara Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC) adalah QA difokuskan untuk memberikan keyakinan bahwa persyaratan kualitas akan terpenuhi. Kepercayaan yang di berikan oleh QA ada dua, dari sisi internal yaitu manajemen perusahaan dan eksternal yaitu pelanggan. Sedangkan QC berfokus pada pemenuhan quality requirements.

QA berkaitan dengan bagaimana suatu proses dilakukan atau bagaimana suatu produk dibuat sedangkan QC merupakan aspek inspeksi dari manajemen kualitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *